Senin, 27 Februari 2012

Kedudukan dan Fungsi Bahasa Indonesia

Bahasa Indonesia merupakan bahasa Resmi Indonesia yang memiliki kedudukan dan fungsi yang penting dalam kehidupan berbangsa, berikut adalah Kedudukan dan fungsi bahasa Indonesia dalam Negara ini menurut Depdiknas dalam Pelatihan Nasional Dosen Pengembangan Kepribadian di Perguruan Tinggi adalah sebagai berikut :

a. Bahasa Indonesia sebagai Bahasa Nasional

Bahasa nasional berfungsi sebagai lambang kebanggaan nasional , lambing identitas nasional, alat pemersatu berbagai suku bangsa, dan alat perhubungan antar daerah dan antar budaya. Hal ini sangat penting karena Indonesia sendiri terdiri atas banyak budaya dan dipisahkan pula oleh kondisi geogrtafis yang terdiri atas banyak pulau.

b. Bahasa Indonesia sebagai Lambang Kebanggaan Nasional

Tidak semua Negara memiliki bahasa nasional yang digunakan secara luas dan dijunjung tinggi. Sebuah bahasa yang dapat menyatukan berbagai suku yang berbeda merupakan suatu kebanggaan bagi bangsa Indonesia. Hal ini membuktikan bahwa bangsa Indonesia sanggup mengatasi perbedaan yang ada.

c. Bahasa Indonesia sebagai Lambang Identitas Nasional

Indonesia terdiri atas berbagai suku bangsa dengan budaya dan bahasa yang berbeda. Untuk membangun kepercayaan diri yang kuat, sebuah bangsa memerlukan identitas. Identitas tersebut dapat diwujudkan dalam berbagai bentuk, salah satunya melalui bahasa.Dengan adanya sebuah bahasa yang mengatasi berbagai bahasa yang berbeda, suku-suku bangsa yang berbeda tersebut dapat mengidentikan diri dalam satu bangsa melalui bahasa.

d. Bahasa Indonesia sebagai Alat Pemersatu Berbagai Suku Bangsa

Bangsa yang terdiri atas berbagai suku yang budaya dan bahasanya berbeda akan mengalami masalah besar dalam melangsungkan kehidupannya. Dengan adanya bahasa Indonesia yang diakui sebagai bahasa nasional oleh semua suku bangsa yang ada, rasa persatuan pun akan muncul

e. Bahasa Indonesia sebagai Alat Perhubungan Antardaerah dan Antarbudaya

Komunikasi merupakan masalah besar yang dihadapi bangsa yang terdiri atas berbagai suku bangsa dengan budaya dan bahasa yang berbeda. Diperlukan sebuah bahasa yang dapat dipakai agar dapat berhubungan.

f. Bahasa Indonesia sebagai Bahasa Negara

Sebagai bahasa Negara, bahasa Indonesia berfungsi sebagai bahasa resmi kenegaraan, bahasa pengantar dalam pendidikan, serta alat perhubungan di tingkat nasional untuk kepentingan pembangunan dan pemerintahan, alat pengembangan kebudayaan, ilmu pengetahuan, dan teknologi.

g. Bahasa Indonesia sebagai Bahasa Kenegaraan

Sebagai bahasa Negara, bahasa Indonesia dipakai untuk urusan-urusan kenegaraan seperti pidato resmi, dokumen, dan surat-surat resmi. Upacara kenegaraan juga dilangsungkan denga bahasa Indonesia. Pemakaian bahasa Indonesia dalam acara kenegaraan sesuai dengan UUD 1945

h. Bahasa Indonesia sebagai Bahasa Pengantar dalam Dunia Pendidikan

Pemakaian lebih dari satu bahasa akan menimbulkan ketidakefektifan, oleh sebab itu diperlukan satu bahasa yang dapat menjadi acuan utama dalam pelaksanaan pendidikan.

i. Bahasa Indonesia sebagai Alat Perhubungan di Tingkat Nasional untuk Kepentingan
Pembangunan dan Pemeritahan

Bahasa dapat menjadi penghubung sehingga komunikasi dalam pembangunan serta pemerintahan tidak terhambat. Bahasa yang sama juga akan menambah keefektifan dalam komunikasi

j. Bahasa Indonesia sebagai Alat Pembangunan Kebudayaan, Ilmu Pengetahuan, dan Teknologi

Untuk mengembangkan kebudayaan, ilmu pengetahuan, dan teknologi diperlukan bahasa yang bisa dipakai untuk keperluan tersebut dan dimengerti oleh masyarakat luas.

0 komentar:

Posting Komentar